UPS Tegal Kerja Sama Beasiswa Dengan Bank Indonesia

Acara sosialisasi dan penandatanganan beasiswa Bank Indonesia. Sumber: Universitas Pancasakti Tegal.

Mintaragen – Penandatanganan kerja sama ini berlangsung di aula YPP Tegal, Selasa (16/7) dan diwakili oleh kantor perwakilan BI. Beasiswa ini sebagai project BI untuk memberikan beasiswa kepada perguruan tinggi swasta.

Project ini sebagai upaya BI dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia yang sudah berlangsung sejak tahun 2001. Saat ini pihaknya telah menjalin kerja sama dengan 89 perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia dengan penerima beasiswa sebanyak 18.565 mahasiswa. Tahun 2019 merupakan tahun pertama BI bekerja sama untuk kampus swasta, sebagai permulaan pihaknya akan menggandeng 10 PTS untuk diajak kerja sama.

Dilansir dari laman resmi Universitas Pancasakti Tegal, acara teken kerja sama tersebut dihadiri oleh Rektor beserta Wakil Rektor, pejabat struktural di Lingkungan UPS Tegal, perwakilan Bank BI Wilayah Karesidenan Pekalongan, dan perwakilan Generasi BI (GenBI) dari IAIN Pekalongan dan 100 mahasiswa UPS yang juga sebagai calon penerima beasiswa.

Sebelumnya pada 10 April 2019, UPS Tegal telah melalui assesment dari tim BI bersamaan dengan Unikal Pekalongan dan Universitas Peradaban Brebes. Dari ketiganya, UPS Tegal yang dinilai layak mendapat kerja sama beasiswa BI tersebut. UPS Tegal menjadi PTS pertama di Jawa Tengah yang mendapat kesempatan untuk bekerja sama beasiswa dengan BI.

Kepala Unit Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Tegal, Bursya menyampaikan UPS Tegal menjadi spesial karena masuk dalam 10 PTS yang akan bekerjasama dengan BI. “Hari adalah finalisasi kerjasama beasiswa dari rangkaian kegiatan yang sebelumnya telah dilaksanakan seperti sosialisasi program dan tes assesment kelayakan dari tim BI, nanti akan dilakukan penandatanganan kerja sama. Mahasiswa yang hadir nanti akan diseleksi oleh pihak UPS Tegal dan tim dari BI secara ketat,” terangnya.

Selain penandatangan, dilakukan pula sosialisasi tata cara penerimaan beasiswa dan kegiatan yang dilakukan oleh GenBI dari tahun 2015 s.d. 2018. Rektor UPS Tegal, Dr. Burhan Eko Purwanto, M. Hum. berharap para mahasiswa yang nantinya menerima beasiswa memberikan kontribusi pada kampus dan BI.

Buka Akses Pendidikan

Beasiswa dalam Kamus Bahasa Indonesia berarti sebagai tunjangan atau biaya bantuan belajar yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa. Menurut Novita Mandasari Hutagaol, S. Pd., M. Hum., seorang dosen pendidikan sejarah Universitas Riau Kepulauan Batam menyebutkan bahwa ada 3 masalah dan solusi dari akses pendidikan yang tidak merata di Indonesia. Salah satunya adalah pendapatan masyarakat yang rendah sehingga banyak anak Indonesia yang lebih memilih ikut mengais rejeki daripada sekolah.

Pemerintah, yayasan, maupun lembaga terus berupaya untuk terus mempermudah akses pendidikan agar bisa merata ke seluruh pelosok negeri. LPDP misalnya, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan milik pemerintah ini hingga Juli 2014, pihaknya sudah  mengirim sekitar 3.000 anak bangsa yang melanjutkan studi di universitas top dunia dan Indonesia.

Ada pula bidikmisi. Pada laman Kemenristekdikti tertulis pada tahun 2019 pihaknya akan menambah penerima bidikmisi menjadi 130 ribu penerima. Hal tersebut karena pada tahun 2019 Kemenristekdikti membuka peluang bagi mereka kaum disabilitas dan atlet. “Sebelumnya, dari total 7,5 juta mahasiswa di Indonesia, sejauh ini Pemerintah baru dapat mengalokasikan beasiswa bagi 8% mahasiswa melalui beasiswa Bidikmisi, Adik Papua dan Daerah 3T serta Beasiswa PPA,” ungkap Mohamad Nasir, Menteri Ristekdikti era Jokowi Jilid I.

Adanya uluran tangan pemerintah terkait pembiayaan sekolah, diharapkan stigma masyarakat terkait pendidikan tinggi mahal akan hilang. Sehingga nantinya pendidikan bisa diakses oleh seluruh pelajar Indonesia tanpa memandang ekonomi maupun suku.

Add Comment