Jumadi Terpilih Secara Aklamasi sebagai Ketua Forwakada Jawa Tengah

Para peserta Rakor Forwakada se-Jawa Tengah di The Safin Hotel, Pati, Kamis (2/1/2020). (Foto: Pemkot Tegal)

Tegal – Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Forum Wakil Kepala Daerah (Forwakada) Indonesia Jawa Tengah Periode 2020-2024. Jumadi terpilih dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Forwakada se-Jawa Tengah di The Safin Hotel, Pati, Kamis (2/1/2020).

Dalam website resmi Pemkot Tegal menyebutkan, rakor tersebut membahas mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan tugas wakil walikota dan wakil bupati dalam mendampingi tugas walikota maupun bupati. Masing-masing wakil walikota maupun wakil bupati memberikan masukannya untuk penguatan fungsi wakil kepada daerah.

“Rakor ini menjadi ajang bagi wakil walikota dan wakil bupati dalam berdiskusi, terutama dalam mendukung program-program walikota maupun bupati. Rakor ini juga dapat menjadi langkah baik untuk mensukseskan program kepala daerah,” tutur pria yang akrab disapa MJ itu.

Sebagai informasi, sinergi antara wakil kepada daerah dengan kepala daerah sangat diperlukan. Utamanya dalam membantu kepada daerah dalam mensukseskan program pemerintah, sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014 dan UU Nomor 9 Tahun 2015.

Jumadi berharap, pemerintah pusat dapat segera menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) dari UU tersebut. “Dengan terbitnya PP digunakan sebagai penguatan fungsi wakil kepala daerah dalam membantu kepala daerah,” tambahnya.

Tugas Wakil Kepala Daerah

Berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, bahwa pemerintah daerah memiliki seorang kepala daerah yang dibantu oleh seorang wakil kepala daerah.

Wakil kepala daerah dalam membantu kepala daerah memiliki beberapa tugas, yaitu membantu kepala daerah dalam: memimpin pelaksanaan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah; mengoordinasikan kegiatan perangkat daerah dan menindaklanjuti laporan dan/atau temuan hasil pengawasan aparat pengawasan; memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah yang dilaksanakan oleh perangkat daerah provinsi bagi wakil gubernur; dan memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintah yang dilaksanakan oleh perangkat daerah kabupaten/kota, kelurahan, dan/atau desa bagi wakil bupati/walikota.

Selain itu, wakil kepala daerah juga memiliki tugas meliputi: memberikan saran dan pertimbangan kepada kepala daerah dalam pelaksanaan pemerintahan daerah; melaksanakan tugas dan wewenang kepala daerah apabila kepala daerah menjalani masa tahanan atau berhalangan sementara; dan melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Wakil kepala daerah juga melaksanakan tugas dan kewajiban pemerintahan lainnya yang diberikan oleh kepala daerah yang ditetapkan dengan keputusan kepala daerah.

Add Comment