Program Wirausaha Pemuda Siap Bimbing Bakal Calon Bos Muda

Launching Program Wirausaha Pemuda Oleh Bupati Tegal, Umi Azizah. TEGALKAB

Program wirausaha pemuda merupakan salah satu program unggulan pemerintah Kabupaten Tegal yang bekerjasama dengan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar). Program ini bertujuan untuk mematangkan ekosistem kewirausahaan di kalangan generasi muda, dengan memberikan pendampingan serta edukasi dalam berwirausaha.

Program wirausaha pemuda sudah berlangsung sejak tahun 2019, dan tahun ini program wirausaha muda kembali diselenggarakan dalam chapter keempat. Program ini di-launching oleh Bupati Tegal, Umi Azizah pada Jumat (01/04/2022) bertempat di Gedung Dadali.

Dalam sambutannya, Umi Azizah menyampaikan program ini merupakan salah satu program unggulannya di masa kepemimpinannya. Tahun ini program wirausaha pemuda menargetkan 500 pemuda yang ada di Kabupaten Tegal untuk turut berpartisipasi dan meramaikan kegiatan ini.

Karena nantinya melalui program ini, peserta akan mempresentasikan ide atau gagasan usaha kreatif yang dimilikinya, dan juri akan menilai peserta mana yang memiliki potensi dalam berwirausaha, untuk kemudian dibimbing agar bisa menjadi bos-bos muda inovatif.

“Penumbuhan wirausahawan pemula program wirausaha pemuda merupakan pilihan tepat untuk mematangkan ekosistem kewirausahaan di kalangan generasi muda, menyediakan edukasi, dan mendampingi pengembangan bisnisnya. Karena kultur wirausaha mesti dibentuk dan perlu proses jangka panjang, bukan seketika jadi,” jelas Umi dalam rilis setda.tegalkab.

Program wirausaha pemuda ini juga merupakan bagian dari upaya pemulihan ekonomi nasional, dan akan menjadi pemicu dalam menumbuhkan semangat berwirausaha bagi generasi muda. Dalam survei World Economic Forum tahun 2019 tercatat, secara statistik, minat pemuda dalam berwirausaha angkanya sudah cukup tinggi, mencapai 35 persen.

“Mari kita gaungkan semangat kewirausahaan di kalangan anak-anak muda. Ayo persiapkan diri kalian dan ambil tantangan ini untuk menguji gagasan bisnis kalian. Saya yakin, generasi muda Kabupaten Tegal adalah generasi yang cepat beradaptasi, inovatif, kolaboratif, serta selalu bersemangat membuat gebrakan baru,” Terang Bupati Tegal, dalam sambutannya.

Saat ini sudah ada 331 pemuda yang telah mendaftar program ini, nantinya setelah pendaftaran ditutup, peserta akan melalui dua tahap seleksi. Tahapan pertama akan dipilih 100 orang terbaik yang akan diberikan materi pelatihan, dan tahapan kedua, sekaligus tahapan terakhir, juri akan menentukan 28 kandidat terbaik yang lolos seleksi dan dipilih sebagai calon bos muda.

Tahapan seleksi tahun ini memang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang menerapkan tiga tahap seleksi, yaitu dari 500 peserta menjadi 100, dari 100 menjadi 50 peserta yang akan diberi materi pelatihan, barulah dari 50 orang tersebut akan ditentukan 28 orang terbaik.

Meski ada sedikit perubahan dalam sistem penyeleksian tahun ini, Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tegal, Bintang Surya Wicaksono menyatakan tahapan seleksi tahun ini dinilai lebih adil, karena dari 100 orang calon wirausaha terpilih akan mendapat materi pelatihan seleksi dari awal sampai akhir.

Pendaftaran program wirausaha pemuda ini sudah dibuka sejak 1 Maret dan akan ditutup pada 31 Mei 2022, sehingga masih ada waktu dua bulan untuk mempromosikan dan mengajak para pemuda untuk berpartisipasi dalam program ini.

Menutup sambutannya dalam acara launching program wirausaha pemuda, Umi Azizah berpesan kepada semua pihak, baik dari kalangan pemerintah, swasta, pegiat usaha lokal dan masyarakat agar bisa mendukung keberhasilan program ini, dan membantu Pemkab Tegal menciptakan wirausahawan muda yang bisa meningkatkan perekonomian Kabupaten tegal.

Add Comment