Job Cafe Antareja, Tempat Nongkrong Bagi Para Pencari Kerja

Peresmian Job Cafe Antareja oleh Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, Selasa (17/05/2022) malam di Kantor Disnakerin. TEGALKOTA.GO.ID

Adanya pandemi Covid-19 yang sudah berjalan dua tahun mengakibatkan peningkatan angka pengangguran yang sangat signifikan di Indonesia, khususnya di Kota Tegal, angka ini semakin melonjak dikarenakan banyak perusahaan gulung tikar selama masa ini. Selain itu, tidak sebandingnya jumlah lowongan kerja yang tersedia dengan jumlah pencari kerja dan kurangnya ruang untuk mendapatkan informasi lowongan kerja membuat para pencari kerja kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan.

Atas dasar itu, Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal kemudian meresmikan tempat bernama Job Cafe Antareja (Layanan Antar Kerja). Job Cafe ini merupakan tempat yang disediakan bagi para pencari kerja, karena disini para pengunjung tidak hanya sekadar nongkrong, tapi juga sebagai tempat mencari informasi lowongan kerja.

Job Cafe Antareja diresmikan Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, pada Selasa (17/05/2022) malam di Kantor Disnakerin, jalan Hang Tuah No.25 Tegalsari, Kota Tegal. Beragam fasilitas disediakan untuk membentuk para pencari kerja (Pencaker) yang profesional.

Job Cafe Antareja ini akan membekali para pencari kerja dalam membangun karir untuk jangka panjang, berbagai fasilitas disediakan untuk menunjang hal ini. Seperti pelatihan membuat Curriculum Vitae (CV), membuat rencana bisnis, lamaran pekerjaan, serta tips menghadapi wawancara pekerjaan. Semua layanan tersebut difasilitasi oleh tim profesional dan gratis.

“Dalam hal ini saya berterimakasih dan mengapresiasi kepada Disnakerin Kota Tegal dan semua pihak yang terlibat untuk dapat memberikan inovasi yang dapat membantu para pencari kerja mendapatkan pekerjaan,” Ujar Walikota Tegal.

Wali Kota Tegal berharap Job Cafe Antareja dapat memenuhi tujuannya dalam membantu pencari kerja mendapatkan pekerjaan serta mengurangi angka pengangguran dan membantu kebangkitan ekonomi Kota Tegal guna meraih kesejahteraan masyarakat.

Mengingat Job Cafe Antareja ini adalah salah satu upaya pemerintah Kota Tegal dalam memberikan informasi lowongan kerja, tempat konsultasi bimbingan dan penyuluhan jabatan, penyaluran dan penempatan tenaga kerja. Ini adalah inovasi strategi Disnakerin Kota Tegal dalam mengatasi pengangguran.

Kafe ini didesain dengan nuansa milenial yang instagramable, desain lampu cafe yang artistik, dipadu dengan meja kursi minimalis, live musik akustik serta kuliner kekinian membuat suasana Job Cafe nyaman untuk bersantai dan berpikir kreatif. Job Cafe ini buka pada setiap weekday, dari senin-jumat (kecuali saat libur nasional), mulai jam 19.00 WIB sampai 21.30 WIB.

Dengan mengangkat filosofi wayang, kata Antareja merupakan tokoh wayang yang digambarkan sebagai seorang yang berwatak tangguh, jujur, pendiam rela berkorban dan berbakti kepada orang tua. Sementara, tagline Job Cafe Antareja memakai bahasa tegalan yang dekat dengan masyarakat kota Tegal, yaitu ‘Nongkrong Karo Luruh Pegaweyan’, yang artinya duduk santai sambil mencari pekerjaan.

Salah satu alasan dibuatnya Job Cafe ini menurut Kepala Disnakerin Kota Tegal, R. Heru Setyawan adalah untuk membantu para pencari kerja yang kebanyakan adalah Generasi Z. Menurutnya, adanya kafe ini sangat sesuai dengan gaya hidup Generasi Z yang suka ‘nongkrong’, menginginkan sesuatu serba instan, butuh kebebasan dan suka pilah pilih pekerjaan. Dengan demikian, nantinya mereka tetap nongkrong di cafe, namun sambil berkonsultasi dan mendapat informasi pekerjaan.

“Job Cafe dapat menjadi penghubung atau portal dari semua layanan ketenagakerjaan Pemerintah Pusat, Provinsi, Daerah maupun Swasta. Adanya sinergitas sistem informasi pasar kerja antara Job Cafe Antareja dengan e-Makaryo, Lapur Sijaja, Top Karir, Jobstreet dan Karir Hub,” ungkapnya.

Add Comment