Sekolah Kardinah, Taman Belajar Anak RSUD Kardinah Tegal

Launching Sekolah Kardinah yang dihadiri Dirjen PAUD, Wali Kota Tegal dan Bunda PAUD Kota Tegal. TEGALKOTA.GO.ID

Rumah Sakit Umum Daerah Kardinah Kota Tegal merupakan salah satu lembaga teknis daerah, yakni sebagai unsur pendukung walikota Tegal yang bertugas melaksanakan kebijakan daerah dibidang pelayanan kesehatan. Sebagai unsur pendukung, RSUD Kardinah berkewajiban mendukung dan mewujudkan visi dan misi walikota Tegal.

Dalam mewujudkan dukungan tersebut RSUD Kardinah memiliki peran strategis dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui upaya pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna. Dalam implementasi kegiatan RSUD Kardinah menetapkan visi, misi, moto, falsafah, dan nilai serta program kegiatan yang menjadi pijakan dalam mendukung visi dan misi walikota Tegal sebagai kepala daerah.

Arah pengembangan pelayanan rumah sakit, yaitu memprioritaskan pelayanan kepada pasien secara terpadu, peningkatan kesehatan lingkungan, peningkatan mutu, pelayanan pendidikan dan penelitian sebagai pengembangan riset ilmu pengetahuan kesehatan masyarakat, dan ilmu pengetahuan secara umum serta peningkatan kompetensi petugas. Pengembangan ini selaras dengan tujuan masa depan rumah sakit bertaraf nasional dan kelas dunia.

Tahun ini RSUD Kardinah menetapkan moto baru yaitu, ‘Gawe Seneng Berobat di RSU Kardinah’. Berbagai upaya dilakukan untuk mewujudkan moto tersebut, diantaranya dengan meluncurkan inovasi-inovasi luar biasa yang dihadirkan untuk masyarakat. Dari mulai Sistem Digitalisasi (Sigita) yang memudahkan masyarakat melakukan pendaftaran dan mendapatkan pelayanan melalui sistem digitalisasi, sistem pengantaran obat, ‘Tombo teko loro lungo’ dan juga Sekolah Kardinah yang baru saja dilaunching.

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono secara simbolis melanching Sekolah Kardinah pada Kamis (12/05/2022). Acara launching Sekolah Kardinah ini juga dihadiri Jumeri, yang merupakan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (Dirjen PAUD) Pendidikan Dasar Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud-Ristek RI.

Sekolah Kardinah ini merupakan taman baca dan taman bermain yang dihadirkan sebagai tempat yang ditujukan bagi anak-anak ketika ikut orang tuanya berobat, periksa ataupun menjenguk pasien. Sebagaimana aturan rumah sakit yakni anak-anak dibawah umur tidak diperkenankan masuk ke ruangan, karena beresiko terpapar virus, maka dibuatlah tempat untuk mereka selama menunggu orang tuanya yakni Sekolah Kardinah.

Sekolah ini berbagai macam buku bacaan dan para pendidik yang siap mengarahkan dan juga mengedukasi anak-anak yang dititipkan di tempat ini. Sekolah ini juga merupakan sarana belajar bagi anak yang ditinggalkan orang tuanya karena sakit, dengan adanya sekolah ini, si anak masih bisa mendapat waktu belajar meski ditinggal orang tuanya. Adanya Sekolah Kardinah ini juga untuk menghilangkan kesan rumah sakit merupakan tempat menyeramkan bagi anak-anak.

Merdeka Belajar Bagi Anak

Kebutuhan pendidikan bagi anak memang harus dipenuhi dimanapun ia berada, hal ini disampaikan langsung oleh Walikota Tegal Dedy Yon dalam sambutannya. Tak terkecuali di rumah sakit, ketika si anak dibawa ke rumah sakit oleh orang tuanya dengan alasan tidak ada yang menjaganya bila ditinggal di rumah, itu berarti orang tua sudah merampas waktu belajar bagi si anak.

Melalui Sekolah dan Taman Bermain RSUD Kardinah ini kemudian menjadi solusi agar anak bisa belajar sembari bermain meski sedang berada di rumah sakit. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (Dirjen PAUD) Pendidikan Dasar Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud-Ristek, Jumeri juga mengatakan setiap daerah harus bisa terus menciptakan inovasi sebagaimana hakikat dari merdeka belajar.

Adanya Sekolah Kardinah menjadi inovasi yang luar biasa. Hal tersebut menjadi kepanjangan tangan upaya Pemerintah untuk mewujudkan generasi emas Indonesia dengan 3 poin yang dikedepankan, yaitu akses pendidikan yang tinggi, mutu layanan pendidikan yang semakin tinggi, pemerataan mutu baik dari sisi geografis maupun sisi ekonomi.

Hal ini juga selaras dengan cita-cita Kota Tegal yaitu bisa memberikan pendidikan dari berbagai aspek. Cita-cita tersebut kemudian membuat pendidikan di Kota Tegal harus bisa menyentuh semua kalangan masyarakat, terlebih bagi mereka yang ingin memperoleh haknya mendapatkan pendidikan.

Inovator Pendidikan Dr Yusqon menambahkan bahwa berbicara edukasi, dimanapun tempatnya bisa diberikan bagi masyarakat. Upaya memberikan kemudahan masyarakat, terlebih bagi anak-anak untuk mendapatkan pendidikan melalui inovasi dan terobosan-terobosan yang mungkin orang tidak pernah mengira. Dari inovasi RSUD Kardinah ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang akan mengunjungi rumah sakit dan membawa anak-anaknya. Walikota Tegal ingin Inovasi ini juga bisa diikuti oleh rumah sakit lainnya yang ada di Kota Tegal, termasuk di puskesmas.

Add Comment